Mengenal Gejala Kanker Dan Faktor Psikologis Penderita Kanker

By | 24/10/2013

Salah satu penyebab utama besarnya jumlah penderita kanker karena gejala penyakit kanker tidak dikenali oleh masyarakat awam. Separuh pasien pasien kanker di dunia menimpa negara berkembang dan miskin dengan tingkat kesembuhan 40 %. Kondisi ini berbeda dengan negara barat yang mana tingkat kesembuhan penderita kanker mencapai 80 %.

Dengan mengenali sedini mungkin gejala penyakit kanker, maka pencegahan dan pengobatan kanker dapat dilakukan lebih awal.

Gejala awal kanker meliputi benjolan di payudara, sulit menelan,borok di mulut yang tak sembuh-sembuh,pendarahan yang berlangsung lama, perubahan frekuensi BAB,penurunan berat badan meski tidak sedang melakukan diet,batuk atau napas sesak,perubahan suara,perubahan gangguan pencernaan,dan pembesaran tahi lalat.

Mengenal Psikologi Pasien Kanker

Penyembuhan pasien kanker ternyata tidak hanya melibatkan faktor fisiologis saja. Hal yang kadang terlupakan adalah membantu pasien kanker dari sisi psikologis ternyata memberi sumbangan besar bagi perkembangan kesehatan pasien kanker.

Penderita penyakit kanker memiliki kecenderungan menghinggapi pada orang dengan Kepribadian Tipe C. Ciri dari tipe kepribadian ini adalah sering menahan atau menyangkal emosi terutama marah, terlalu merasionalkan segala sesuatunya dan ingin selalu tampil baik dan sempurna di mata orang. Dengan kondisi kepribadian seperti itu maka orang akan sering mengalami kelelahan mental.

Pada penderita kanker, kondisi psikologis yang dihadapi adalah depresi,kecemasan,kemarahan, dan tidak mempunyai harapan.

Kondisi psikologis tersebut harus ditangani seiring dengan proses penyembuhan penyakit kanker dengan pendekatan fisiologis.