Apa Saja Jenis – Jenis Penyakit Jantung

By | 18/10/2014

Penyakit jantung adalah jenis penyakit mematikan dengan jumlah korban terbanyak di dunia dan di Indonesia. Ketika kita mendengar “penyakit jantung “, tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada beberapa jenis penyakit jantung.

Yuk, kita lihat apa saja jenis penyakit jantung.

Gagal Jantung

Bagi manula dengan usia di atas 65 tahun perlu mewaspadai kesehatan jantungnya. Gagal jantung adalah penyakit yang biasa menghinggapi manula. Dari data yang ada, setiap tahun 550 ribu orang terdiagnosa gagal jantung. Di AS ada 5 juta pasien penyakit gagal jantung.

Gagal jantung merujuk pada fakta jantung tidak mampu memompa darah seperti seharusnya. Kondisi ini mengakibatkan adanya penahanan air dalam tubuh sehingga terjadi kesulitan bernafas dan pembengkakan. Jadi, jika kita mengalami pembengkakan tubuh dan nafas pendek – pendek, waspadai kemungkinan jantung kita tidak bekerja secara layak.

Disritmia atau Aritmia Jantung

Jantung berdetak teratur dengan jumlah 60 – 100 kali detak permenit. Ada kondisi detak jantung tidak teratur sesuai dengan ritmenya, menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Kondisi ini dinamakan disritmia atau aritmia.

Jika kita mengalami disritmia jantung, segera periksa diri ke dokter dan memperbaiki pola hidup kita ke arah pola hidup yang lebih sehat.

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung identik dengan penyakit jantung koroner meskipun penyakit jantung koroner hanyalah salah satu jenis dari penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri yang menuju jantung. Akibatnya, suplai makanan dan oksigen ke jantung berkurang dan kinerja jantung jauh menurun. Kejadian ini sering dinamakan serangan jantung.

Sumber penyumbatan pada pembuluh arteri berasal dari timbunan kolesterol selama puluhan tahun. Pembuluh yang seharusnya lembut dan elastis menjadi kaku dan sempit. Ketika lanjut usia, terjadi peradangan pada pembuluh arteri, darah beresiko membeku dan jantung terancam serangan.

Ubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat untuk menghindari jantung koroner dengan olah raga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat.

Kardiomiopati

Penyakit kardiomiopati merujuk pada kelainan otot jantung sehingga jantung mengalami penebalan tidak normal, kekakuan, dan perbesaran. Kardiomiopati mengakibatkan jantung melemah. Perlu pengobatan yang benar untuk jenis penyakit ini. Jika salah langkah, ancaman gagal jantung dan aritmia jantung menghadang.

Penyakit Katup Jantung

Di tiap ruangan jantung terdapat pintu yang mengatur aliran darah pada satu arah yang disebut katup jantung. Katup jantung bisa mengalami kerusakan akibat kebocoran, penutupan tidak sempurna dan penyempitan. Penderita penyakit katup jantung akan mengalami nyeri dada, pergelangan kaki bengkak, detak jantung tidak teratur, nafas tidak bisa panjang hanya pendek – pendek dan mudah lelah.

Kelainan Jantung Bawaan

Penyakit kelainan jantung bawaan terjadi sejak bayi belum dilahirkan dalam bentuk kelainan pada struktur dan pembuluh jantung. Penyebab penyakit jantung bawaan belum diketahui secara pasti. Para ahli menduga dari beberapa faktor berikut sebagai penyebabnya yaitu infeksi virus, pemakaian obat – obatan, pengaruh minuman keras kepada ibu, dan faktor genetik.

Penyakit Aorta

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh pelebaran atau robeknya pembuluh darah aorta. Pembuluh aorta adalah pembuluh arteri yang meninggalkan jantung yang berfungsi membawa darah yang kaya atas oksigen ke seluruh tubuh.

Kerusakan pada aorta di atas memiliki dampak timbulnya hipertensi, penebalan pembuluh arteri, berkurangnya kekuatan pembuluh darah dan rusaknya jaringan jantung.

Perikarditis

Penyakit jantung perikarditis termasuk penyakit langka yang diakibatkan oleh infeksi dalam bentuk peradangan lapisan pembungkus jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *