Penyebab, Gejala, Jenis dan Komplikasi Patah Tulang

By | 27/05/2015

Tulang memegang peran penting bagi tubuh. Tulang adalah penyangga tubuh dan menjadi kerangka tubuh. Bukan itu saja, tulang melindungi semua organ  tubuh, mulai dari otak, jantung, hati, usus dan sebagainya. Hebatnya lagi, bagian terdalam tulang yaitu sumsum adalah pabrik yang memproduksi sel – sel darah. Jadi, tulang harus dijaga. Bagaimana jika tulang patah ?

obat alami patah tulang

Patah tulang bisa dialami siapa saja

Penyebab Terjadinya Patah Tulang

Tulang patah mengakibatkan rasa nyeri, pendarahan, cedera, luka bahkan mengganggu organ tubuh lain. Penyebab patah tulang ini berasal dari insiden traumatis akibat jatuh, kecelakaan, dan cedera. Penyebab lainnya adalah pengeroposan tulang, infeksi virus dan serangan sel kanker.

Sebagian besar penyebab patah tulang adalah kecelakaan dimana beban yang meninpa tulang lebih besar dibandingkan kekuaan tulang. Untuk penyembuhan patah tulang, Anda bisa membaca : Cara alami penyembuhan patah tulang.

Gejala –  Gejala  Patah Tulang

Gejala patah tulang yang perlu diketahui adalah rasa sakit, memar dan pembengkakan di daerah tulang yang patah bahkan luka yang mengeluarkan darah, bentuk tulang yang berubah dan tidak bisa untuk digerakkan.

Jenis Patah Tulang

Patah tulang bisa terjadi bukan hanya di kaki, tangan dan rusuk, namun juga di dada, tulang belakang, panggul dan kepala. Beriut beberapa jenis patah tulang.

1. Patah sederhana atau patah tertutup yaitu patah tulang yang tidak menembus kulit.

2. Patah gabungan atau patah terbuka yaitu patah tulang di mana tulang keluar dari kulit, terjadi pendarahan dan juga infeksi.

3. Fraktur kompleks, terjadi di sekitar tulang yang luka dimana ada kerusakan pada jaringan syaraf, pembuluh arteri , pembuluh vena dan lapisan tulang.

4. Fraktur greenstick dimana terjadi retak ramping pada tulang. Fraktur greenstick biasanya terjadi pada anak – anak dikarenakan kondisi tulang anak – anak lebih fleksibel.

5. Fraktur avulsi, biasanya terjadi pada sendi lutut dan bahu. Terjadi akibat kontraksi otot yang menarik tendon (yang menjadi tumpuan otot untuk menempel ke tulang) sehingga potongan – potongan tulang akan tertarik keluar.

6. Fraktur kompresi biasa terjadi pada tulang belakang dan sering menimpa oprang tua yang terkena osteoporosis. Fraktur kompresi terjadi akibat dua buah tulang terpaksa berhadapan satu dengan yang lain.

7. Fraktur kominuta terjadi akibat tulang hancur dalam bentuk potongan – potongan kecil. diperlukan upaya yang lama untuk menyembuhkan patah tulang jenis ini.

8. Fraktur lembut sering dialami banyak orang dan biasaya terjadi di tulang kaki. Banyak yang tidak sadar jika tulang kakinya mengalami patah tulang akibat aktifitas yang cukup berat di kaki seperti joging atau berjalan di jalanan terjal.

Komplikasi Patah Tulang

Seperti telah dituliskan di atas bahwa tulang memegang perang penting sebagai penyangga dan pembentuk tubuh serta melindungi organ tubuh. Dampak serius terjadi setelah tulang cedera dan patah.

1. Kehilangan darah.
Akibat patah tulang tubuh akan kehilangan sumber penghasil darah.

2. Pertumbuhan tubuh terhambat
Tulang patah mengakibatkan pertambahan tubuh terhambat, dikarenakan pada tulang-lah otot dan jaringan darah menempel.

3. Kerusakan organ tubuh
Patah tulang berakibat pada kerusakan organ tubuh yang dilindunginya seperti otak, jantung, paru – paru, ginjal dan sebagainya.

Jadi, kita harus hati – hati menjaga kesehatan tulang. Segera lakukan upaya penyembuhan ketika patah tulang terjadi. Pilihlah obat herbal terbaik untuk menyembuhkan patah tulang. ( Baca juga : Tips menjaga kesehatan tulang )

Demikian artikel Penyebab, Gejala, Jenis dan Komplikasi Patah Tulang, semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *