Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Sirosis Hati

By | 16/06/2016

Banyak orang tidak sadar bahwa dirinya terkena penyakit sirosis hati. Hal ini dikarenakan gejala awal penyakit sirosis hati ini tidak kentara. Baru pada tahap kronislah, orang baru sadar bahwa dirinya terkena penyakit kerusakan hati ini. Sirosis hati bisa muncul dari penyakit hepatitis yang berkembang menjadi parah, tanpa ada penyembuhan penyakit hepatitis tersebut. Bisa juga berasal dari sel kanker yang menyerang hati.

Kerusakan hati atau sirosis hati terjadi akibat rusaknya sel – sel dan jaringan ikat di hati yang digantikan oleh jaringan parut (fibrosis). Secara fisik, hati manusia atau liver berubah. Hati dipenuhi dengan benjolan – benjolan dan parut. Tidak mulus lagi. Warna hati tidak merah, tetapi kuning. Ukuran hati mengecil, mengerut dan mengeras, Pendek kata, hati sudah rusak dan pembuluh darah berkembang menjadi abnormal. UNtuk mengobati penyakit sirosis hati secara alami, silahkan baca : Cara alami pengobatan penyakit sirosis hati .

Penyakit sirosis hati

Penyakit sirosis hati

Fungsi Hati Bagi Tubuh

Mengapa penyakit Sirosis Hati perlu kita waspadai ? Hal ini tidak terlepas dari betapa vitalnya fungsi hati atau liver tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi hati.

  • Membantu proses pencernaan protein dan lemak
  • Membantu proses pembuangan racun dari tubuh
  • Membuat protein yang dibutuhkan tubuh dalam proses pembekuan darah
  • Menyimpan dan memecah glikogen menjadi glukosa, yang kemudian dialirkan dalam darah
  • Membantu proses pengolahan obat – obatan yang dikonsumsi sehingga obat – obatan tersebut aman dan sedikit menimbulkan efek negatif.

Penyebab Penyakit Sirosis Hati

Ada banyak penyebab penyakit sirosis hati, diantaranya adalah :

  • Virus hepatitis B dan C. Penyebab umum penyakit sirosis hati adalah perkembangan virus hepatitis B.
  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Alkohol yang diserap oleh tubuh akan diurai oleh hati. Persoalan timbul ketika jumlah alkohol yang masuk ke dalam tubuh banyak. Hati akan bekerja lebih keras, akhirnya mengalami kelelahan dan rusak. Jadi, hindari minuman beralkohol.
  • Efek racun yang berasal dari makanan dan lingkungan. Lingkungan yang tercemar termasuk makanan akan memberatkan kerja hati untuk mengurasi racun – racun tersebut.
  • Efek dari konsumsi obat – obatan. Jenis obat-obatan pabrikan akan meningkatkan kerja hati. Efek jangka panjang obat – obatan ini bisa merusak hati.
  • Infeksi parasit dan bakteri.
  • Efek dari penyakit lain, misalnya penyakit gagal jantung. Untuk mengobati penyakit jantung ini silahkan baca : Cara alami penyembuhan penyakit jantung.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

1. Kulit Tubuh Menguning
Gejala yang paling kentara penderita sirosis hati adalah perubahan warna kulit menjadi kuning. Warna kuning terjadi akibat penumpukan blirubin dalam aliran darah

2. Mual dan Perut Terasa Nyeri
Akibat terjadinya penumpukan cairan pada perut dan menekan kantung empedu serta menghambat aliran darah di perut. Keberadaan cairan berlembih di perut tersebut mengakibatkan mual dan rasa nyeri di perut.

3. Kehilangan nafsu makan
Akibat dari sirosis hati adalah munculnya rasa nyeri di hati. Rasa nyeri makin terasa ketika ada tekanan di hati saat makan. Penderita sirosis hati makin merasakan sakit. Hilangnya nafsu makan berdampak pada kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh. Efek lanjutnya, penderita sirosis hati akan kehilangan berat badan.

4. Pendarahan di bagian perut
Infeksi virus hepatitis mengakibatkan kerusakan pada saluran pencernaan. Kerusakan sistem pencernaan yang makin parah mengakibatkan timbulkan pendarahan. Tidak heran, kita temui penderita sirosis muntah darah sebagai akumulasi darai nyeri perut, mual dan luka pada sistem pencernaan.

5. Gatal di sekujur tubuh dan mudah memar 
Akibat penumpukan racun, kulit mudah gatal dan memar.

6. Gangguan Kesehatan Mental
Akibat darah mengandung banyak racun, otomatis kualitas pasokan darah ke otak menurun kualitasnya. Syaraf – syaraf otak mendapatkan darrah yang tidak sehat. dampaknya buruknya mulai dari menurunkan kemampuan konsentrasi, mudah lupa, bingung, dan perubahan kepribadian.

Dengan melihat dampak dari penyakit sirosis hati di atas, hendaknya kita lebih berhati – hati menjaga kesehatan kita dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari minuman beralkohol dan makan nutrisi yang sehat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *