Berbagai Penyebab Buang Air Besar Keluar Darah

By | 13/09/2016

Jika suatu pagi Anda buang air besar dan turut pula keluar dasar segar, Anda perlu berhati – hati, namun tidak perlu cemas. Ada banyak penyebab mengapa darah bisa turut keluar saat buang air besar. 

Berikut berbagai penyebab buang air besar keluar darah 

1. Penyakit Maag

Peradangan di lapisan lambung dan usus dua belas jari yang diakibatkan oleh maag kronis bisa menyebabkan pendarahan ketika buang air besar. Warna darah yang keluar bersama tinja merah gelap dan kehitaman.

2. Peradangan atau Inflamasi usus

Peradangan di usus memiliki gejala perut terasa nyeri, keram, dan demam.

3. Kanker Usus Besar atau Kanker Kolon

Kanker usus besar atau kanker kolon menjadi penyebab pendarahan saat buang air besar. Resiko terbesar terjadinya kanker kolon pada usia di atas 40 tahun. Untuk mengobati kanker kolon tanpa operasi, silahkan Anda baca artikel berikut ini : Cara alami pengobatan kanker kolon tanpa operasi

4. Cedera Internal

Cedera internal atau luka di saluran pencernaan, mulai dari kerongkongan, lambung hingga usus bisa menyebabkan keluarnya darah ketika buang air besar. Penyebab luka tersebuat bermacam – macam, seperti makanan yang keras bahkan berduri ataupun kecelakaan.

5. Divertikulitis

Pada usus terdapat titik – titik atau kantung – kantung yang lemah yang akan mengeluarkan darah ketika mendapatkan tekanan yang lebih besar dari ketahanannya. 

6. Pendarahan Rektal

Pendarahan rektal terjadi di bagian rektuk usus besar akibat tinja yang keluar keras, sembelit dan wasir atau ambeien. Pendarahan rektal ini menjadi penyebab paling umum terjadinya pendarahan saat buang air besar.

Solusi Atasi Pendarahan Saat BAB

Untuk mengatasi pendarahan saat BAB, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya atas serat seperti buah – buahan dan sayuran segar. Hindari makanan yang sulit dicerna seperti makanan hewani, makanan bersantan ataupun makanan bergula. Hindari makanan junkfood, minuman beralkohol dan berkafein.

Perbanyak air putih. Juga olah raga secara teratur untuk meningkatkan stamina tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *