Pentingnya Karbohidrat Bagi Kesehatan Tubuh

By | 25/10/2018
Share

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi tubuh sehingga aktifitas sehari – hari bisa dilakukan. Prosesnya adalah gula atau glukosa dari karbohidrat diolah menjadi bahan bakar.

Ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana ini memiliki kandungan gula yang mudah dicerna dan diserap tubuh. Karbohidrat kompleks memiliki kandungan rantai gula yang lebih panjang sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Ada 3 sumber karbohidrat yang bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan yaitu gula, serat dan pati. Sumber gula adalah gula pasir, susu dan buah. Sumber serat adalah sayuran, kacang – kacangan dan gandum. Sumber pati adalah sayuran, kacang – kacangan dan biji – bijian.

Manfaat Karbohidrat

Manfaat karbohidrat seperti sudah dituliskan di atas adalah sumber energi bagi aktifitas tubuh. Glukosa dalam karbohidrat akan diubah menjadi bahan bakar.

Karbohidrat menjadi sumber kalori bagi tubuh. Perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan kalori yang baik, kita harus mengkonsumsi karbohidrat yang kaya serat sehingga mudah dicerna seperti kacang – kacangan dan beras merah.

Mengkonsumsi karbohidrat yang memiliki serat tinggi akan menghindarkan kita dari obesitas, penyakit di pencernaan dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Baca juga : Cara menyembuhkan penyakit akibat susah buang air besar atau sembelit

Lantas berapa banyak konsumsi karbohidrat bagi kita? Ternyata jumlah asupan karbohidrat disesuaikan dengan usia, aktifitas fisik yang dijalani, kondisi fisik terutama untuk yang sakit dan jenis kelamin.

Secara umum, konsumsi karbohidrat dengan usia di atas 50 tahun lebih rendah dibandingkan usia dewasa atau di bawah 50 tahun. Laki – laki dewasa lebih banyak dibandingkan wanita. Konsumsi karbohidrat untuk menjaga berat badan lebih kecil dibandingkan yang tidak bertujuan menjaga berat badan.

Karbohidrat juga berfungsi menjaga massa otot. Jika kekurangan karbohidrat, sumber energi tubuh dialihkan ke protein. Jika ini terjadi maka massa otot tubuh akan berkurang. Efek lebih lanjut, kekuatan otot berkurang bahkan rusak dan aktifitas sehari – hari kita akan terganggu. Karenanya, untuk menghindari ini, kita harus mengkonsumsi karbohidrat.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit peradangan sendi atau osteoartritis

Jangan salah duga bahwa karbohidrat mengancam tubuh menjadi gemuk. Justri, karbohidrat menjaga kita dari obesitas dan serangan penyakit jantung. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa konsumsi karbohidrat yang kaya serat akan menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 9 persen. Jadi, konsumsilah karbohidrat secara tepat dan proporsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *