Waspadai Penyakit Yang Bermunculan Di Musim Hujan

By | 16/10/2018
Share

Memasuki bulan Oktober, terjadi pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan. Tidak jarang dikarenakan banyak sebab seperti selokan yang mampet, hutan makin gundul dan sungai makin dangkal penuh sampah, ketika datang hujan lebat terjadi genangan air, banjir bahkan tanah longsor. Kerusakan materi dan korban jiwa tidak bisa dihindari, selain munculnya banyak jenis penyakit.

Lantas apa saja jenis penyakit yang perlu kita waspadai pada musim penghujan ini.

Diare

Diare biasanya muncul seiring datangnya musim hujan. Penyebab utama diare adalah konsumsi air dan makanan yang tidak bersih dikarenakan pencemaran pada air. Di kota besar, kita dapat dengan mudah melihat saluran air bahkan sungai yang tergenang dan diikuti dengan timbunan sampah. Tidak sarang, air hujan akan meluap ke jalan, termasuk dengan sampahnya.

Leptospirosis

Penyakit ini akibat infeksi oleh bakteri leptospira yang berada dalam kotoran dan air seni binatang seperti tikus. Saat hujan dan air tergenang, kotoran dan air seni yang membawa bakteri tersebut bisa menular ke manusia yang anggota tubuhnya terkena air, apalagi ada bagian tubuh yang terluka.

Demam Tifoid

Demam tifoid menyerang saluran cerna. Penyebabnya adalah kondisi makanan yang dikonsumsi tidak higienis.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit demam tifoid pada anak

Penyakit Kulit

Air yang kotor, tercemar dan berkuman mengakibatkan kulit bisa gatal, alergi, bengkak bahkan infeksi. Apalagi ketika itu kulit kita dalam kondisi luka dan berwujud borok. Waspadi bertambah parahnya penyakit kulit kita saat musim hujan.

Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi saluran pernafasan (ISPA) menimbulkan gejala demam, batuk, nyeri dada bahkan sesak nafas. ISPA ini disebabkan oleh infeksi berbagai mikroba, virus dan bakteri.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit asma dengan nutrisi bioaktif

Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah adalah jenis penyakit yang paling banyak terjadi saat masuk musim penghujan apalagi saat terjadinya banjir. Kondisi air yang tergenang dan sebaiannya berada di lokasi yang tidak terlihat seperti semak, selokan dan lainnya menjadikan perkembangan dan penyebaran nyamuk demam berdarah bisa cepat dan menelan korban dalam jumlah besar. Kita mengenalnya dengan istilah wabah demam berdarah.

Untuk menghindari dan mencegah terjadinya serangan penyakit – penyakit di atas, kita harus menjada pola makan dan gaya hidup sehat. Perbanyak sayuran dan buah – buahan seperti mengkonsumsi Jus Tahitian Noni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *