Jenis Penyakit Yang Menyerang Hati

By | 09/11/2018
Share

Organ hati atau liver memiliki peran sangat penting untuk membersihkan darah dari berbagai bahan kimia yang berbahaya atau bahan lain yang berpotensi merusak. Peran penting ini menimbulkan resiko cedera pada hati.

Hati adalah organ tubuh dengan ukuran terbesar kedua yang terletak di perut kanan atas tepat di bawah rusuk.

Hati memiliki peran dalam metabolisme lemak, metabolisme protein, metabolisme obat – obatan dan racun, metabolisme karbohidrat dan membantu pembekuan darah.

Ada beberapa jenis penyakit yang berpotensi terjadi pada hati, yaitu :

Sirosis hati

Penyakit siroris hati terjadi ketika kondisi fisik hati mengalami kerusakan atau berubah secara fisik. Sirosis hati diakibatkan oleh penyakit hepatitis B dan hepatitis C, penyakit autoimun, konsumsi alkohol berlebihan dan infeksi.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit sirosis hati

Hepatitis

Penyakit hepatitis ini paling sering menyerang hati. Ada banyak jenis penyakit hepatitis, mulai dari hepatitis A, B, C, D dan E serta hepatitis autoimun.  Penderita penyakit hepatitis A akan sembuh, dan 90 persen penderita hepatitis B juga akan sembuh. Sebaliknya, penderita hepatitis C akan berkembang menjadi hepatitis kronis.

Gangguan bawaan pada hati

Kelainan fisik hati ini terjadi sejak dilahirkan. Ada beberapa kelaian bawaan hati.

Kanker hati

Penyakit kanker hati terjadi ketika ada bagian dari hati, sel – sel hati berkembang secara tidak normal. Penyakit kanker hati timbul akibat dari infeksi sel kanker dari bagian lain tubuh, pola makan yang tidak sehat dan faktor pencemaran lingkungan seperti pencemaran air.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker hati dengan nutrisi bioaktif.

Abses hati

Abses hati diakibatkan oleh infeksi parasit ataupun infeksi oleh bakteri. Abses hati adalah kondisi timbulnya cairah dan nanah yang memenuhi rongga. Infeksi oleh bakteri berakibat timbulnya demam pada pasien.

Hemokromaatosis

Penyakit hemokromaatoris terjadi akibat kelebihan zat besi yang menumpuk di dalam hati. Penyakit ini disebabkan oleh faktor kelainan genetik dimana usus menyerap zat besi dari makanan secara berlebihan. Akibatnya, darah akan mengalirkan zat besi dalam jumlah berlebih. Organ hati akan menyerap zat besi ini dan menumpuk di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *