Faktor Apa Saja Penyebab Kenaikan Jumlah Penderita Kanker ?

03/09/2019 admin 0 Comments

Jumlah kematian akibat kanker di dunia mencapai 8 juta orang lebih dan terdapat 14 juta kasus baru penderita kanker. Dalam 20 tahun ke depan, penderita kanker akan meningkat hingga 70 persen. Peningkatan jumlah penderita kanker tersebut juga terjadi di Indonesia.

Di lingkungan sekitar kita pun, bahkan anggota keluarga terdekat, juga diri kita sendiri tidak terbebas dari ancaman penyakit kanker. Kita harus waspada. Dan muncul pertanyaan, apa yang menjadi pendorong peningkatan jumlah penderita kanker tersebut.

Ada banyak faktor yang mendorong terjadinya dan bertambahnya jumlah penderita kanker dari tahun ke tahun. Kami tuliskan beberapa penyebab di bawah ini.

Obat alami penyakit kanker paru - paru
Kanker paru – paru menjadi penyakit dengan penderita terbanyak

Berbagai faktor penyebab terjadinya kanker

Di negara maju seperti Amerika Serikat peningkatan jumlah penderita kanker mencapai 14,5 juta kasus. Kondisi ini terjadi di negara dengan tingkat pendidikan tinggi dan tenaga medis yang besar. Lantas, bagaimana dengan negara yang strata kemakmuran di bawah Amerika Serikat ?
Ternyata faktor – faktor peningkatan penderita kanker tidak berkaitan dengan tingkat pendidikan dan jumlah tenaga medis atau modern tidaknya rumah sakit yang ada. Setidaknya ada 3 faktor utama yaitu :

1. Kegemukan dan pola makan tidak sehat

Sel kanker terbentuk dari perkembangan sel – sel tubuh menjadi abnormal. Sel abnormal inilah yang disebut sebagai sel kanker.

Bagaimana kok bisa sel normal berkembang menjadi abnormal ? Karena didorong oleh faktor eksternal yang membuat tubuh bereaks tidak sebagaimana seharusnya atau normal. Salah satu faktor eksternal itu adalah makanan. Bukankah makanan itu adalah sumber nutrisi dari pembentukan sel – sel tubuh.

Pola makan yang salah adalah pintu masuk yang menumbuhkan sel kanker. Ciri bagaimana kita memiliki pola makan salah adalah terjadinya obesitas atau kegemukan. Pola makan ini meliputi jenis makanan, cara makan dan cara pengolahan makanan. Obesitas ini diperkirakan menggeser merokok yang disinyalir sebagai penyebab kegemukan.

Beberapa jenis kanker yang timbul sebagai akibat dari obesitas adalah kanker kolon, kanker rektum, kanker payudara, kanker pankreas, kanker kantung empedu, kanker tiroid, kanker ginjal, kanker endometrium dan kanker esofagus.

Baca juga : Cara alami penyembuhan kanker usus stadium 3 

2. Faktor usia lanjut

Bertambahnya usia menjadikan sel – sel tubuh dan kemampuan metabolisme tubuh secara alami menurun. Sisi yang lain, sudah ada akumulasi dari berbagai faktor pemicu kanker seperti makanan tidak sehat, pencemaran dan pola hidup tidak sehat selama puluhan tahun.

Lanjut usia pun memberi dorongan untuk mengurangi aktifitas fisik. Kurangnya olah raga menjadi salah satu pemicu timbulnya kanker.

Data statistik penderita kanker di Amerika Serikat menemukan bahwa 77 persen penderita kanker dialami oleh orang dengan usia di atas 55 tahun.
Nah, menjadi motivasi bagi kita untuk mendorong orang tua kita lebih rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat supaya terhindar dari kanker.

3. Pencemaran Lingkungan

Manusia hidup berada dalam lingkungan baik air, udara, tanah dan cahaya matahari. Kondisi lingkungan yang buruk menjadikan masukan air tidak memenuhi standar, udara tidak memiliki kadar oksigen yang mencukupi akibat asap baik kebarakan hutan maupun kendaraan bermotor serta pabrik, dan radiasi matahari yang lebih panas akibat UV dan ditambah molekul udara seperti CO2 yang mamantulkan panas itu.

Kondisi lingkungan yang buruk memaksa tubuh bereaksi tidak seperti seharusnya. Dalam kondisi tidak menguntungkan ini, secara perlahan sel – sel kanker tumbuh dalam tubuh manusia. Ancaman dari penyakit kanker datang bak tamu tak diundang di dalam rumah kita.

Informasi mengenai nutrisi untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker kita, kontak WA 081234534037

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *